KENAPA ORANG KECANDUAN NARKOBA ?


KENAPA ORANG KECANDUAN NARKOBA ?
           
Tidak dapat dipungkiri bahwa penyalahgunaan Narkoba diatas bumi ini kebanyakan para kawula muda. Hampir dapat dipastikan 80% pengguna barang haram itu adalah mereka dari kalangan pelajar dan mahasiswa baik dikota maupun didesa-desa.

Menurut analisa dan konseling yang diadakan, penyebab utama orang kecanduan Narkoba, oleh karena ketidaktahuan akan bahaya yang ditimbulkan serbuk setan itu. Sehingga masyarakat yang tidak tahu apa-apa terperosok ke dalam jurang neraka ini, yang mengakibatkan sulit kembali kepada jati diri yang sebenarnya.

Ada beberapa orang siswa yang pernah terperangkap basah merokok dibelakang sekolah, mereka sedang mengkomsumsi cimeng atau ganja, mereka mengaku asal mula mereka coba-coba dari temannya yang tidak sekolah lagi. Ketika kemudian sering disuguhi, akhirnya ketagihan yang berujung kecanduan. Lama kelamaan barulah mereka sadar bahwa dampak yang ditimbulkannya sangat membahayakan fisik dan mentalnya.

Namun penyeslan bukan akhhir dari kecanduan yang telah memperbudak dirinya, akan tetapi derita berkepanjangan akan dialaminya selama narkoba yang lebih banyak, tidak diperolehnya. Kini timbul penyesalan yang tidak pernah berkesudahan sedang penderitaan yang luar biasa, akan tetap dialaminya.

Pada umunya kawula muda, pelajar maupun mahasiswa terperangkap kedalam lingkaran setan saat ini, karena rayuan manis dari para pengedar ataupun pengecer yang tidak lain adalah teman-teman sejawatnya, malah ada yang saudara kandungnya sendiri.

Tidak mengherankan bila dalam keluarga ada anggota pecandu Narkoba, ia akan selalu membuat keributan dalam rumah tangga. Sasaran kebrutalannya tentulah kedua orang tuanya, karena uang yang diminta tidak dapat diberikan. Anak yang sedang mengalami kesakitan yang amat sangat (sakau), akhirnya dengan tidak ada rasa hormat dan sopan menjual barang-barang berharga dari rumahnya, untuk mendapatkan Narkoba.

Pecandu Narkoba otomatis jadi pembohong, penipu sekaligus menjadi orang yang bertemperamen kasar. Banyak sekali alasan-alasan yang bisa dikemukakannya. Kalau ditanya kenapa ia menjadi pecandu Narkoba, ia mengumbar kepada orang bahwa kehidupan rumah tangganya tidak harmonis sehingga ia mencari jalan keluar.

Padahal mana ada orang tua yang tidak mengasihi putra-putrinya. Akibat Narkoba itu jualah membuat dia sebenarnya menjadi super ego dan erasa dirinya paling benar.

Ada lima factor yang menyebabkan orang menyalahgunakan Narkoba, diantaranya :
b.      Komunikasi dua arah antara orang tua dan anak sangat jarang, tidak mau tahu
c.       Pergaulan dalam lingkungan sekolah/kampus
d.      Pengaruh miliu (masyarakat lingkungan )
e.       Budaya global yang masuk via elektronik, media cetak

           


0 komentar:

Blog

Blog

 
BahayaNarkoba © 2011 | Designed by Blogger Templates Gallery