Puluhan Mantan Pengguna Narkoba Jarum Suntik Jadi Duta KP

 REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG-Puluhan mantan pengguna narkotika dan obat-obatan berbahaya (narkoba) dengan jarum suntik di 16 kecamatan dalam wilayah Kota Palembang, Rabu, direkrut menjadi duta Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) kota tersebut.
Sebelum diterjunkan, mereka diberikan pembekalan dengan cara pembentukan komunitas teman sebaya untuk menginformasikan bagi pengguna narkoba lainnya akan bahaya penularan AIDS dan HIV melalui jarum suntik.
Sekretaris KPA Kota Palembang, Zailani UD, pada pertemuan dengan para pengguna narkoba jarum suntik itu mengatakan sebanyak 47 persen penyebaran AIDS dan HIV di daerah tersebut melalui jarum suntik di kalangan pengguna narkoba usia produktif.
Pengidap AIDS dan HIV di Kota Palembang dari tahun 1996 hingga 2011 mencapai 520 orang. Dari jumlah itu paling banyak kaum laki-laki di atas usia produktif yang penyebarannya melalui seks bebas (51 persen), disusul pengguna narkoba jarum suntik (47 persen).
“Mereka (duta pengguna narkoba) akan kita manfaatkan menginformasikan sekaligus mengajak teman sebaya untuk paham bahaya narkoba dan efek yang ditimbulakan jika mengunakan jarum suntik tersebut,” katanya. (Sumber :http://www.republika.co.id )

1 komentar:

  1. aizat mengatakan...:

    maaf mengganggu saya hanya ingin berbagi artikel yang berkaitan tentang adaptasi mantan pengguna narkoba
    berikut linknya :
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2626/1/Dukungan%20Orangtua%20dan%20Penyesuaian%20Diri%20Remaja%20Mantan%20Pengguna%20Narkoba008.pdf
    semoga bermanfaat :)

Blog

Blog

 
BahayaNarkoba © 2011 | Designed by Blogger Templates Gallery